Wednesday, February 13, 2019

Fakta Menarik Tentang Gravitasi Bumi

Gravitasi merupakan salah satu kemampuan bumi yang paling unik. Sampai sekarang penelitian tentang gravitasi masih berlangsung karena dianggap masih penuh dengan misteri. Para peneliti tahu seperti apa gravitasi itu, namun untuk cara kerjanya sampai sekarang pun tidak ada yang tahu.
Meski Newton dan Einstein membuat penjelasan tentang gravitasi ini, tetap saja masih banyak yang harus dikaji tentang gravitasi. Namun di bawah ini ada fakta-fakta tentang gravitasi yang patut diketahui.

1. Ternyata manusia mendapatkan dorongan untuk buang air kecil disebabkan oleh gravitasi. Padahal sebenarnya kantung kemih pada saat itu tidak pernah penuh, hanya terisi 1/3-nya saja.

wikipedia.org
wikipedia.org

2. Manusia diperkirakan dapat hidup di planet yang gravitasinya tiga kali lebih besar dari bumi. Lebih dari itu aliran darah ke otak bisa terganggu.

www.thethinkingbusiness.com
www.thethinkingbusiness.com

3. Dalam teorinya, gravitasi membuat tinggi gunung-gunung yang ada di bumi tidak mencapai lebih dari 15 km.

wikipedia.org
wikipedia.org

4. Burung tidak bisa dibawa ke ruang angkasa karena saat terbang pun mereka membutuhkan gravitasi.

wikipedia.org
wikipedia.org

5. Cairan helium tidak memiliki kekentalan. Bahkan bisa menembus gelas karena gravitasi.

wikipedia.org
wikipedia.org

6. The Gravity Research Foundation sejak tahun 1948 menyatakan diri melawan gravitasi. Mereka terus mencoba duduk dengan kepala di bawah dan kaki di atas untuk melakukan misinya tersebut. Ibaratnya seperti pesawat di bawah ini yang terbang terbalik.

wikipedia.org
wikipedia.org

7. Jam berpendulum ternyata akan berkurang 16 detik setiap harinya saat benda itu disimpan di tempat yang berketinggian 4000 kaki. Hal ini tentu saja diakibatkan oleh gravitasi.

wikipedia.org
wikipedia.org

8. Ternyata makanan seenak apapun di bumi rasanya akan berbeda saat dibawa ke ruang angkasa. Hal ini karena kurangnya gravitasi yang berada di luar bumi sehingga membuat hidung astronot tersumbat. Akibatnya indera penciumnya pun tidak bekerja dengan sempurna.

wikipedia.org
wikipedia.org

9. Tanpa gravitasi lilin yang apinya menyala, warnanya akan berubah biru dan bentuknya bulat seperti ini. Unik ya?

io9.com
io9.com

10. Daerah yang paling lemah kekuatan gravitasinya di bumi ada di Pantai Hudson yang ada di Kanada.

wikipedia.org
wikipedia.org
sumber : http://news.lewatmana.com/fakta-menarik-tentang-gravitasi-bumi/

No comments:

Post a Comment

7 Fakta Meyakinkan Bahwa Mesin Waktu Itu Ada dan Sudah Dioperasikan

Kalau memang benar, kamu mau kembali ke masa apa? bigthink.com Ada yang sudah pernah nonton film Source Code yang dibintangi ...