Wednesday, February 13, 2019

Mengerikan! 10 Fakta Tenggelamnya Kapal Titanic Ini Bakal Bikin Kamu Merinding!


analisadaily.com
Pasti kita semua tau dong tentang tragedi menghebohkan di awal tahun 1900-an? Tragedi tersebut adalah tenggelamnya kapal super asal Britania Raya, yaitu RMS Titanic. Kapal tersebut tenggelam pada tanggal 15 April 1912 di Samudra Atlantik dalam pelayarannya dari Southampton, Inggris menuju New York City. Bencana ini menewaskan 1.514 jiwa dan menjadi bencana maritim paling mematikan sepanjang sejarah.
Kapal yang dioperasikan oleh White Star Line ini dibangun dari tahun 1909 hingga 1911. Kapal ini mampu menampung sebanyak 2.224 penumpang dan digadang-gadang sebagai kapal paling kuat sepanjang sejarah dan tidak akan bisa tenggelam. Nahas, pada tanggal 14 April 1912, tepatnya 375 mil selatan Newfoundland, kapal ini menabrak gunung es tepat pukul 23.40 waktu setempat. Akibat tabrakan ini, RMS Titanic tenggelam setelah selama dua setengah jam terapung di lautan.
Selain berbagai informasi di atas, YuKepo sudah menyiapkan untuk kamu 10 fakta tenggelamnya kapal Titanic lainnya. Penasaran? Langsung aja yuk, kepoin bareng YuKepo!

1. Surat kabar khusus Titanic

intisari.grid.id
Anggapan bahwa RMS Titanic merupakan kapal yang termegah memang tidak bisa disangkal lagi. Bahkan, untuk hal seperti surat kabar saja  telah tersedia di kapal ini. Surat kabar khusus penumpang Titanic ini dicetak tiap harinya di atas kapal dan memuat berbagai macam berita, seperti hasil pacuan kuda, iklan, gosip masyarakat, harga saham hingga menu harian di kapal tersebut. 

2. Batalnya latihan penyelamatan diri saat terjadi kecelakaan

3.bp.blogspot.com
Menurut rencana yang sudah dibuat, latihan penyelamatan diri atau yang disebut dengan lifeboat drillakan dilaksanakan di atas Kapal RMS Titanic tersebut tepat pada tanggal kapal tersebut menabrak gunung es, yakni 14 April 1912. Namun, rencana tersebut dibatalkan oleh Kapten Smith. Mungkin karena anggapan bahwa kapal ini tidak akan tenggelam dengan alasan apa pun. Padahal, banyak yang percaya bahwa akan semakin banyak korban yang selamat apabila latihan ini dilakukan. 

3. Sekoci yang tidak terisi dengan maksimal

2.bp.blogspot.com
Sebenarnya, jumlah sekoci yang disediakan oleh RMS Titanic masih mampu untuk menampung lebih banyak korban. Sayangnya, setiap sekoci yang meluncur tidak dimaksimalkan dengan baik. Satu sekoci bisa menampung sebanyak 65 orang, namun hanya diisi sekitar 24 orang. Lebih parahnya lagi, ada satu sekoci yang hanya diisi oleh 12 orang. Mungkin karena semuanya panik kali, ya. Apalagi memang sebelumnya tidak pernah dilakukan simulasi penanggulangan bencana.
4. Menjadi kapal satu-satunya yang menabrak gunung es
www.titanicfacts.net
Sepanjang sejarah, baru Kapal RMS Titanic lah yang menjadi satu-satunya kapal yang tenggelam akibat menabrak gunung es. Setelah itu, belum ada catatan yang menunjukkan bahwa ada kapal lain yang tenggelam akibat kasus yang sama.
5. Hanya tiga cerobong asap yang berfungsi
img00.deviantart.net
Menurut tampilannya, Kapal RMS Titanic ini memiliki empat cerobong asap. Pada kenyataannya, hanya tiga cerobong asap yang bisa digunakan sebagai saluran uap dari ruang boiler, sedangkan cerobong asap yang satunya hanya sebagai pemanis saja. Sang desainer Kapal Titanic menganggap bahwa Kapal Titanic akan lebih indah apabila memiliki empat cerobong asap.
6. Gagalnya Kapal Californian menyelamatkan korban Kapal Titanic
2.bp.blogspot.com
Saat RMS Titanic menabrak gunung es dan terindikasi bahwa kapal tersebut akan tenggelam, RMS Titanic segera mengirimkan sinyal bahaya dan minta pertolongan. Sebenarnya, ada kapal lain selain Kapal Carpathia yang lebih dekat. Kapal tersebut adalah Kapal Californian. Sayangnya, Kapal Californian tidak merespon sinyal tersebut dan terlambat membantu, padahal ada awak kapal yang melihat sinyal bahaya yang datang dari Kapal Titanic. Sayangnya lagi, operator nirkabel Kapal Californian pada saat itu tengah tertidur sehingga tidak bisa mengetahui bahwa sinyal bahaya tersebut datang dari kapal Titanic. Padahal, jika kapal Californian menanggapi sinyal bahaya tersebut, akan ada lebih banyak nyawa yang bisa diselamatkan.

7. Bongkahan es ternyata sudah ada sejak 1000 tahun belakangan

1.bp.blogspot.com
Mungkin ada yang beranggapan bahwa tragedi tenggelamnya Kapal RMS Titanic memang disebabkan oleh unsur ketidaksengajaan. Namun ternyata, gunung es yang menyebabkan kapal tersebut tenggelam sudah ada sejak 1000 tahun sebelum masehi. Nah, kalau sudah ada sejak dahulu kala seharusnya kecelakaan itu bisa dihindari, dong?

8. Milton Hershey gagal naik Titanic

www.philanthropyroundtable.org
Pencipta cokelat Hershey, Milton Hershey, rupanya juga sudah menggenggam tiket sebagai penumpang RMS Titanic. Namun, karena satu dan lain hal, ia membatalkan rencana perjalanan tersebut. Ini menjadi salah satu bukti bahwa kematian memang sudah ada yang mengatur.
9. Adegan pemain musik yang tetap bermain saat kapal mulai tenggelam rupanya kenyataan
www.brainywords.com
Salah satu adegan yang paling menyayat hati dalam fim Titanic adalah saat adegan para pemain musik yang tetap memainkan lagu untuk menenangkan para penumpang. Padahal, mereka juga sudah mengetahui bahwa kapal akan tenggelam. Pada kejadian aslinya, adegan tersebut benar-benar terjadi. Para pemain musik itu tetap memainkan alat musiknya selama kurang lebih satu jam setelah kapal menabrak gunung es. 
10. Biaya pembuatan film "Titanic" mencapai angka yang fantastis
www.digitaljournal.com
Film Titanic merupakan film produksi tahun 1997 yang didasarkan pada kisah nyata tenggelamnya Kapal RMS Titanic. Film yang disutradarai oleh James Cameron ini menghabiskan dana yang fantastis, yakni sebesar 200 juta USD. Biaya ini jauh lebih besar daripada biaya pembuatan Kapal RMS Titanic itu sendiri yang hanya menghabiskan dana sebesar 176 juta USD.
Nah, itulah tadi sepuluh fakta unik mengenai tenggelamnya Kapal Titanic yang terkenal sepanjang masa. Hingga kini masih banyak orang yang mencari tahu tentang kejadian tesebut, entah dengan menonton filmnya hingga membaca dari literatur lainnya. Tenggelamnya kapal ini mengajarkan kita bahwa keselamatan adalah hal utama. Tidak boleh takabur dalam setiap hal.

sumber: https://www.yukepo.com/hiburan/life/mengerikan-10-fakta-tenggelamnya-kapal-titanic-ini-bakal-bikin-kamu-merinding/

No comments:

Post a Comment

7 Fakta Meyakinkan Bahwa Mesin Waktu Itu Ada dan Sudah Dioperasikan

Kalau memang benar, kamu mau kembali ke masa apa? bigthink.com Ada yang sudah pernah nonton film Source Code yang dibintangi ...